Tips Buat Cover Buku Ajar

Salah satu faktor yang membuat buku ajar terlihat professional adalah dibungkus menggunakan cover menarik dan tidak membosankan. Hal ini menunjukkan bahwa buku tersebut layak dijual dan digunakan. Lantas apa saja tips membuat sampul sebelum mencetak di jasa cetak buku murah?

3 Tips Buat Cover Buku Ajar

Buku ajar berguna untuk memudahkan akses bagi pelajar dalam memenuhi kebutuhan materi mereka. Salah satu hal yang tidak boleh terlupakan adalah memperhatikan cover-nya saat membeli. Dengan begitu, sebagai penyusunnya maka harus membuatnya secara menarik. Berikut tipsnya:

  1. Menggunakan Software Desain Cover

Dalam penyusunan cover buku tentu memerlukan software desain sampul agar lebih mudah untuk mendesain dan memasukkan berbagai ilustrasinya. Pada dasarnya seluruh perangkat lunak ini dapat Anda gunakan.

Bagi Anda  yang belum ahli di dunia desain grafis seperti ini maka bisa menggunakan aplikasi Canva untuk mendesainnya karena fiturnya tersedia secara lebih praktis. Sementara jika sudah berpengalaman, gunakan seperti Adobe Photoshop dan Adobe InDesign.

  1. Memilih Elemen Grafis

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk menyebarluaskan buku ajar tersebut secara luas melalui perantara cetak buku murah, maka wajib mempertimbangkan elemen desain pada cover tersebut. Pasalnya hal ini akan berhubungan dengan hak cipta di internet.

Anda bisa menggunakan foto sendiri sebagai bahan mendesain sampul atau memakai jasa fotografer. Alternatif lainnya yakni memakai gambar bebas copyright sehingga dapat digunakan tanpa khawatir adanya hak cipta.

  1. Menentukan Dimensi Buku dan Tipografi

Tahap berikutnya Anda bisa menentukan dimensi buku agar sesuai dengan desain cover-nya. Jika berniat membuat e-book maka gunakan rekomendasi dari Amazon yakni menggunakan ukuran 2,560 x 1600 pixels.

Sementara untuk buku cetak, maka desainnya akan lebih kompleks dibanding e-book. Setiap genre seperti buku ajar umumnya memiliki standar sendiri sehingga Anda bisa bertanya mengenai hal ini di tempat percetakan.

Tiga tips di atas bisa Anda terapkan pada saat kebingungan mendesain cover khusus buku ajar. Jangan ragu untuk bertanya referensi di jasa cetak buku murah sehingga mendapatkan rekomendasi dari yang sudah berpengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *