Mengenal Beragam Jenis Tali Tambang dan Kegunaannya

Mengenal Beragam Jenis Tali Tambang dan Kegunaannya

Ketika membahas tentang tali dalam industri, bisa dikatakan bahwa tali tambang adalah salah satu jenis tali yang akan disebut. Ya, hal ini cukup beralasan karena ada cukup banyak jenis tali tambang yang tersedia dan bisa digunakan untuk beragam keperluan yang berbeda dalam industri yang berbeda pula.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beragam jenis tali tambang yang dimaksud tersebut. Tentu, dengan memahami beberapa jenis tali tambang, maka Anda nantinya akan mendapatkan kemudahan untuk memilih tali tambang yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Apa saja jenis tali tambang yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Ragam Jenis Tali Tambang

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa jenis tali tambang yang tersedia dan bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Adapun ragam jenis tali tambang yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Tali Polypropylene

Jenis tali tambang yang pertama adalah tali polypropylene. Seperti namanya, tali polypropylene dibuat dengan bahan dasar serat sintesis polypropylene. Jenis tali tambang yang satu ini memiliki kelebihan terutama ketahanan pada pembusukan yang baik serta tahan terhadap lumut.

Karena kelebihan yang dimiliki, tali polypropylene sering digunakan dalam industri perikanan ataupun juga perkapalan. Tentu saja, tali polypropylene tersedia dalam beberapa ukuran yang berbeda dan memiliki kekuatan yang berbeda pula.

  • Tali nilon

Tali nilon adalah jenis tali tambang lain yang juga kerap digunakan. Tentu, tali tambang yang satu ini dibuat dengan menggunakan serat nilon yang dikenal sangat kuat dan juga tahan terhadap gesekan. Selain itu, tali nilon memiliki elastisitas yang baik sehingga penggunaannya pun cenderung lebih fleksibel.

Nah, dalam penggunaannya, tali nilon banyak digunakan dalam industri yang berbeda. Beberapa industri seperti perkapalan, pabrikasi, transportasi, tambang, dan lainnya menggunakan tali nilon untuk dukungan.

  • Tali PE

Jenis tali tambang lainnya yang bisa dijadikan opsi adalah tali PE. Tali tambang yang satu ini dibuat dengan bahan serat sintesis. Secara umum, tali PE memiliki karakteristik yang lebih lentur. Hanya saja, jenis tali tambang ini memiliki nilai breaking yang rendah.

Oleh karenanya, tali PE kurang cocok digunakan untuk industri yang banyak melakukan pengangkatan beban. Dalam penggunaanya, tali PE banyak digunakan untuk keperluan yang lebih ringan seperti menjadi bagian dari packaging, membuat jala ataupun untuk keperluan olah raga.

Beberapa poin di atas adalah ragam jenis tali tambang yang umumnya digunakan. Tentu, bisa dikatakan jika masing-masing jenis tali tambang memiliki detail yang berbeda dengan kegunaan yang berbeda pula.

Oleh karena adanya perbedaan tersebut, Anda bisa mempertimbangkan mana jenis tali tambang yang tepat untuk membantu pekerjaan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran tali tambang karena berhubungan dengan kekuatan. Nah, klik megajaya.com untuk ketahui selengkapnya tentang tali tambang dan aneka produk tali tambang yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *